Processor Pada Smartphone Android

Saat ini berbagai jenis processor Smartphone Android yang beredar di pasaran sangat beragam jenisnya dari berbagai produsen dengan variasi bentuk, kecepatan, ukuran dan kapasitas. Seiring dengan semakin boomingnya pamor Sistem Operasi Robot Hijau ini dan meningkatnya pengguna Smartphone dan Tablet Android yang konon katanya setiap hari ada sekitar 1,3 juta produk baik itu Smartphone maupun Tablet yang diaktivasi diseluruh dunia, tentunya memicu permintaan akan processor dari produsen Smartphone dan Tablet itu sendiri.
Berikut jenis jenis Processor pada Android yang beredar di pasaran :

- EXYNOS
Processor ini dikembangkan oleh Samsung Electronics yang dibangun dengan System on Chip (SoC) khusus untuk Smartphone dan Tablet. Exynos yang pertama kali dirilis adalah 3110 atau yang lebih dikenal dengan nama Hummingbird atau S5PC110. Setelah merilis 3110, Samsung kembali merilis Exynos 4212, yang menggunakan CPU ARM Cortex A9 dual-core dengan clockspeed 1,2 GHz sampai 1,5 GHz dan dilengkapi dengan GPU  Mali - 400 MP4. Kelebihan yang ditawarkan CPU ini adalah multitasking, game 3D, dan hemat energi karena dibangun dengan prose HIGH K METAL GATE 45 nm, 32 nm dan 28 nm.

- TEXAS INSTRUMENTS OMAP
OMAP (Open Multimedia Application Platform) merupakan processor yang diproduksi oleh Texas Instruments, saat ini tersedia OMAP 1 sampai dengan OMAP 4. OMAP 4 merupakan langkah awal Texas Instruments versi dual core. Processor OMAP sering digunakan oleh Smartphone dengan kinerja handal diantaranya Samsung Galaxy Nexus. 
Keunggulan OMAP adalah : 
1. mampu memproses situs pada internet layaknya website pada PC.
2. User Interface lebih cepat dengan konsumsi daya lebih sedikit.
3. Menunjang kamera primer dan sekunder lebih kuat serta mampu memutar video HD.
- Nvidia TEGRA 
Processor buatan Nvidia ini merupakan processor pertama yang menggunakan teknologi quad core, walaupun saat ini sudah mulai banyak produsen yang juga menerapkan teknologi quad core. Product Nvidia yang menggunakan quad core adalah Nvidia Tegra 3 yang dibangun dengan menggunakan arsitektur ARM Cortex A9 dengan clockspeed maksimum 1,4 GHz. 

Keunggulan Nvidia Tegra ini adalah : 
1. Mampu menampilkan kualitas gambar yang baik dengan konsumsi daya yang sedikit. 
2. Mampu memutar video dengan resolusi yang besar.
Jika agan adalah tipe gamer, Smartphone dan Tablet yang menggunakan processor ini layak untuk dipertimbangkan.

-QUALCOMM SNAPDRAGON
Sanapdragon merupakan processor yang paling banyak digunakan pada Smartphone Android, kemampuan processor ini diklaim banyak pihak lebih baik dari processor lain, Seri seri Snapdragon antara lain Snapdragon S4, Snapdragon S4 plus, Snapdragon S400 dan yang terbaru SnapdrAgon S600 yang digunakan pada Sasmsung Galaxy S4. 

Keunggulan dari processor Snapdragon ini adalah : 

1. Konsumsi daya yang lebih rendah karena Qualcomm akan meminimalisir daya listrik dengan menggunakan chip yang lebih kecil.
2. Performa yang lebih baik, menurut penelitian para ahli, perangkat Android yang menggunakan Processor Qualcomm ini lebih baik performanya dibandingkan device lain yang sejenis.
3. Koneksi 4G, mungkin istilah ini masih asing bagi kita orang Indonesia, tapi koneksi 4G sudah jamak di Amerika Serikat, dan Qaulcomm sudah support dengan teknologi 4G ini.
4. Tampilan HD, Processor Qualcomm ini mampu me-render lebih banyak piksel sehingga tampilan yang dihasilkan pun lebih smooth.
5. Perlindungan lebih, Processor Qualcomm dilengkapi dengan sistem enkripsi yang canggih sehingga tidak perlu khawatir data data pribadi seperti email dan password akan hilang. 

- MediaTek
mediatek
MediaTek atau yang lebih dikenal dengan MTK merupakan perusahaan menjual semikonduktor dan menjual komponen untuk perangkat nirkabel. Di Taiwan, MediaTek merupakan pembuat chip terbesar dan juga termasuk perusahaan semikonduktor terbesar, sementara dibidang chipset Smartphone, MediaTek ada diurutan ketiga dibawah Qualcomm dan Exynos. MediaTek dikenal memilik harga yang murah dengan kualitas yang mengagumkan.

Semoga tulisan diatas bisa menjadi referensi anda untuk belajar dan membeli hp android