Kacamata Pintar

Samsung sepertinya siap untuk menyaingi Google Glass. Hal ini diketahui ketika aplikasi paten Samsung mengenai kacamata pintar (smart glass) itu ditemukan oleh Wall Street Journal. Pengajuan paten ini dilaporkan telah diajukan Samsung sejak awal tahun 2013 lalu, dan akhirnya resmi terdaftar di bulan Oktober ini. Seperti yang dilansir laman Pocket-Lint, Sabtu (26/10/2013), perangkat kacamata pintar mirip Google Glass itu kemungkinan besar akan diberi nama Gear Glass.
Terlihat pada gambar di bawah ini tampak bahwa konsep perangkat ini mirip seperti sebuah kacamata untuk aktivitas olahraga, lengkap dengan frame dan lensa transparan, tombol di bagian samping, serta sebuah panel di bagian depan yang fungsinya untuk menyangga sebuah kamera. Disebutkan juga bahwa kacamata itu akan bisa terhubung ke smartphone untuk menampilkan informasi dan bisa digunakan pula untuk fungsi pengendalian. Juga dipastikan bakal dilengkapi sepasang earphone terintegrasi untuk menerima/melakukan panggilan telepon atau mendengarkan musik.
Soal desain, perangkat besutan Samsung ini terlihat agak berbeda dengan Google Glass. Tampilannya tampak terlihat 'kurang simpel' karena menggunakan sebuah kabel dari masing-masing sisi yang kemudian tergabung di bagian belakang. Namun perlu diketahui bahwa apa yang ditampilkan di aplikasi paten di atas masih sebuah konsep, dan kemungkinan besar tampilan desainnya akan ditingkatkan atau dirombak.